Penolong Kita

posted in: Sermon | 0

Yohanes 14:16-17 | Pdt. Paulus Surya

16 And I will ask the Father, and he will give you another Helper, to be with you forever, 17 even the Spirit of truth, whom the world cannot receive, because it neither sees him nor knows him. You know him, for he dwells with you and will be in you.

Tuhan memberikan Roh Kudus kepada kita sebagai Penolong yang sangat kita butuhkan. Jadi kehadiran Roh Kudus dalam hidup orang percaya bukan sebagai sesuatu yang boleh ada boleh tidak. Kita mutlak memerlukan pertolongan Roh Kudus. Apa yang dilakukan Roh Kudus sebagai Penolong kita?

Menyertai kita
“Supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (ayat 16). “Sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu” (ayat 17). Di sini Roh Kudus disebut sebagai “Penolong yang lain”. Apa artinya “yang lain”? Meskipun sama-sama Allah, Roh Kudus adalah Pribadi yang berbeda dengan Tuhan Yesus. Sebagai pribadi, Roh Kudus dapat berduka dan memimpin orang percaya. KehadiranNya membuat kehadiran Kristus nyata dalam hati dan hidup umatNya.

Membela kita
Arti dari Roh Kudus sebagai “penolong” juga memiliki pengertian sebagai pribadi yang membela kita dalam suatu persidangan. Roh Kudus membela kita dari serangan musuh orang percaya, yaitu si iblis (lihat 1 Petrus 5:8). Salah satu bentuk pembelaan Roh Kudus bagi kita orang percaya adalah Ia “berdoa untuk orang-orang kudus” (Roma 8:27). Hanya dengan bersandar kepadaNya, kita akan kuat.

Mencerahkan kita
Roh Kudus juga disebut sebagai “Roh Kebenaran”. Di ayat sebelumnya, Yesus berkata bahwa diriNya adalah Kebenaran. Jadi Roh Kudus mencerahkan kita dalam pengertian Ia menerangi pikiran dan hati kita untuk memahami kebenaran yang pusatnya adalah Yesus. Orang-orang dunia secara natural tidak mungkin dapat mengenal kebenaran. Mari kita lebih memperhatikan kebenaran Firman karena Roh Kudus daripada berita-berita dunia yang ada di sekitar kita.

Ringkasan kotbah hari Pentakosta Pdt. Paulus Surya, 23 Mei 2021

Leave a Reply