Priceless Wisdom

posted in: Sermon | 0

Kolose 1:15-20 | Pdt. Matt Dodd

The Preeminence of Christ (Listen)

15 He is the image of the invisible God, the firstborn of all creation. 16 For by him all things were created, in heaven and on earth, visible and invisible, whether thrones or dominions or rulers or authorities—all things were created through him and for him. 17 And he is before all things, and in him all things hold together. 18 And he is the head of the body, the church. He is the beginning, the firstborn from the dead, that in everything he might be preeminent. 19 For in him all the fullness of God was pleased to dwell, 20 and through him to reconcile to himself all things, whether on earth or in heaven, making peace by the blood of his cross.

Paulus menuliskan kata ‘hikmat’ sebanyak 5 kali dalam surat Kolose yang singkat ini. Hikmat bukan hanya tentang pengetahuan tetapi juga tentang penerapannya – Wisdom is understanding how life works and acting accordingly. Kita bisa mendapatkan hikmat itu hanya di dalam Yesus. Siapakah Yesus itu?

1. Yesus adalah Gambar Allah yang tidak kelihatan
Ayat 15a – Yesus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, menunjuk kepada tujuan penciptaan manusia sebagai gambar Allah (Kejadian 1), yang telah gagal sejak dari Adam. Yesus adalah gambar Allah yang benar dan sempurna.

2. Yesus adalah Yang sulung
Ayat 15b – Yesus adalah Yang Sulung, tidak berarti bahwa Dia adalah makhluk ciptaan, karena di ayat 16 dinyatakan bahwa Dia menciptakan segala sesuatu. Jadi tidak mungkin Dia diciptakan. Yang sulung disini bukan pula tentang urutan lahir, tetapi menyatakan statusNya sebagai yang mewarisi atau memiliki dan berkuasa atas segala sesuatu.

3. Yesus adalah benar-benar unik
Ayat 16-17 – Yesus adalah benar-benar unik dalam sejarah manusia. Dia menciptakan segala sesuatu, lebih dahulu/lebih utama dari segala sesuatu, segala sesuatu ada di dalam Dia dan bagi Dia. Dialah alasan (the reason) segala sesuatu ada. Jika anda ingin hikmat – ingin memahami hidup dan hidup sesuai dengan itu, maka anda perlu Yesus, karena Dialah Pencipta dan alasan dari segala sesuatu ada (Kolose 2:1-3).

Ringkasan kotbah Pdt. Matt Dodd, 25 Februari 2024