Characteristics of Salvation

posted in: Sermon | 0

Efesus 2:8-9 | Pdt. Paulus Surya

For by grace you have been saved through faith. And this is not your own doing; it is the gift of God, not a result of works, so that no one may boast.

“Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, supaya tidak ada orang yang memegahkan diri.” (Efesus 2:8-9 TB Edisi 2). Apa saja karakteristik
keselamatan berdasarkan ayat ini?

SOLA GRATIA
Dasar dari keselamatan kita adalah anugerah Allah. Kebenaran ini ditegaskan dengan kalimat “itu bukan hasil usahamu… itu bukan hasil pekerjaanmu”. Kata “itu” menunjuk pada kalimat sebelumnya, yaitu proses keselamatan termasuk kita dapat beriman yang adalah anugerah Allah sepenuhnya. Usaha dan pekerjaan kita tidak mungkin memenuhi standard perbuatan baik yang Tuhan tetapkan (lihat Roma 3:12 & Yesaya 64:6a).

SOLA FIDE
Sarana untuk kita menerima keselamatan adalah melalui iman kepada Tuhan Yesus. Iman yang sejati mencakup pengetahuan tentang Injil Kristus (Notitia – Latin), hati yang setuju (Asensus) dan kehendak yang mengandalkan Yesus saja (Fiducia). Kebenaran ini tidak bertentangan dengan Yakobus 2:24. Perbuatan baik kita adalah buah dari iman. Martin Luther mengatakan, “We are saved by faith alone, but the faith that saves is never alone.”

SOLI DEO GLORIA
Tujuan kita diselamatkan bukan untuk memegahkan diri, tetapi untuk memegahkan Allah. Grant C. Richison menegaskan, “Work glorifies man; grace glorifies God.” Kecenderungan orang berdosa adalah memegahkan diri melalui perbuatannya. Oleh sebab itu rasul Paulus perlu untuk mengingatkan bahwa di dalam keselamatan kita, tidak ada ruang untuk memegahkan diri. Sola Gratia dan Sola Fide pasti membawa Soli Deo Gloria.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 10 Maret 2024