Are You Sure That You Have Eternal Life?

posted in: Sermon | 0

1 Yoh 5:9-13 | Pdt. Paulus Surya

If we receive the testimony of men, the testimony of God is greater, for this is the testimony of God that he has borne concerning his Son. 10 Whoever believes in the Son of God has the testimony in himself. Whoever does not believe God has made him a liar, because he has not believed in the testimony that God has borne concerning his Son. 11 And this is the testimony, that God gave us eternal life, and this life is in his Son. 12 Whoever has the Son has life; whoever does not have the Son of God does not have life.

That You May Know (Listen)

13 I write these things to you who believe in the name of the Son of God, that you may know that you have eternal life.

Bagian ini mengajarkan bahwa kita yang percaya kepada Yesus, Anak Allah, tahu, bahwa kita memiliki hidup yang kekal. Bagaimana kita bisa benar-benar tahu?

Karena hidup kekal ada dalam Yesus
Barangsiapa percaya atau memiliki Yesus berarti memiliki hidup yang kekal. Kebenaran ini bukan hanya ditekankan di 1 Yohanes 5:11-12, tetapi juga di Yohanes 20:31. Apa artinya memiliki Anak? Yaitu percaya bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia, mati disalib dan bangkit kembali, dan kita menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita. Apakah anda sudah benar-benar memiliki Yesus?

Karena kesaksian Allah
Saat baptisan Yesus oleh Yohanes pembaptis, terdengar suara Allah Bapa berkata, “Engkaulah AnakKu yang Kukasihi,
kepadaMulah Aku berkenan.” (Markus 1:11). Kesaksian Allah ini dalam ayat 11 dihubungkan dengan hidup kekal yang hanya ada dalam Yesus. Dengan kita memiliki keyakinan keselamatan ini, kita akan terhindar dari ketakutan akan penghakiman dan dikuatkan dalam menjalani hidup sehari-hari yang penuh tantangan dan penderitaan.

Karena tertulis dalam Kitab Suci
Rasul Yohanes berkata, “Semuanya itu kutuliskan kepada kamu.” (ayat 13). Tulisan rasul Yohanes menjadi bagian dari
keseluruhan Kitab Suci. Kebenaran tentang keselamatan yang hanya dalam Yesus, bahkan menjadi pusat dari Alkitab (lihat Yohanes 5:39-40). Seorang ahli theologia yang bernama Karl Barth pernah menyimpulkan bahwa kekristenan dapat di ringkas menjadi satu kalimat, “Jesus loves me this I know, for the Bible tells me so.”

Keyakinan keselamatan yang ditekankan oleh rasul Yohanes dalam surat 1 Yohanes seharusnya berbuahkan hidup yang mengasihi sesama dan menjauhi dosa serta hidup taat.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 26 Nov 2023