With Or Without Him

posted in: Sermon | 0

Ibrani 13:5-6 | Pdt. Paulus Surya

Keep your life free from love of money, and be content with what you have, for he has said, “I will never leave you nor forsake you.” So we can confidently say,

  “The Lord is my helper;
    I will not fear;
  what can man do to me?”

Bagian ini mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki agar setiap orang percaya hidup mengandalkan Allah dan bukan pada harta benda dunia. Bagaimana caranya?

Menjaga hati dari berhala
“Janganlah kamu menjadi hamba uang” (ayat 5a). Ini berbicara tentang hati yang mencintai harta melebihi Tuhan. Harta dijadikan sumber identitas, kebahagiaan & keamanan. Yang dapat menjadi berhala dalam hidup kita bukan hanya harta tapi juga segala sesuatu dalam hidup kita, termasuk yang kelihatan baik, yang menempati tempatnya Allah. Hanya Injil Kristus yang dapat menggantikan tempat berhala di hati kita.

Mencukupkan diri dalam segala keadaan
“Cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.” (ayat 5b). Hal mencukupkan diri perlu diperintahkan menunjukkan bahwa mencukupkan diri bukanlah suatu hal yang alami atau natural. Manusia cenderung merasa kurang dan selalu ingin yang lebih. Seperti rasul Paulus, kita harus belajar mencukupkan diri dalam segala hal (lihat Filipi 4:11). Salah satu caranya adalah dengan bisa menbedakan antara be the best dengan do the best.

Memegang teguh janji pemeliharaan Tuhan
“Karena Allah telah berfirman: ‘Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.’” (ayat 5c). Ayat 6 juga mencatat tentang janji Tuhan yang dapat kita andalkan. Firman
Tuhan menghendaki kita untuk yakin dan percaya diri dalam menjalani hidup ini tapi bukan berdasarkan harta
benda atau hal-hal yang sementara di dunia ini, tapi mengandalkan Tuhan yang berjanji memelihara kita.

Ringkasan kotbah Tahun Baru Pdt. Paulus Surya, 1 Jan 2023

Leave a Reply