Let Your Light Shine

posted in: Sermon | 0

Mat 5:14-16 | Pdt. Paulus Surya

14 “You are the light of the world. A city set on a hill cannot be hidden. 15 Nor do people light a lamp and put it under a basket, but on a stand, and it gives light to all in the house. 16 In the same way, let your light shine before others, so that they may see your good works and give glory to your Father who is in heaven.

Pada dasarnya gerakan Reformasi yang titik cetusnya tgl 31 Oktober 1517, adalah gerakan yang membuka “selubung”
yang menutupi gereja saat itu sehingga gereja dapat bersinar kembali memancarkan kebenaran Injil. Sejauh mana kita sebagai individu dan gereja bersinar untuk kebenaran Injil? Bagian Firman Tuhan ini mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki agar terang kita bercahaya menerangi dunia yang gelap ini. Bagaimana caranya?

Menyadari identitas diri kita sebagai terang
Ayat 14 mencatat bahwa “kamu adalah terang dunia”. Setiap orang percaya menjadi terang dunia bukan hasil usahanya, tapi pekerjaan Allah yang terjadi saat kita percaya kepada Tuhan Yesus. “Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.” (Efesus 5:8).

Mengatasi hal yang menghalangi kita bercahaya
“Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang.” (ayat 15). Yang dimaksud dengan
gantang adalah alat ukur biji-bijian yang bisa memuat sekitar 3 kg – 30 kg. Hanya orang bodoh yang menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang. Kita sering berlaku bodoh. Oleh sebab itu kita perlu mengatasi “kebodohan” yang menghalangi kita untuk bersinar dengan “insang rohani” (lihat Mazmur 119:9,11).

Melakukan perbuatan baik yang memuliakan Allah
Tidak setiap perbuatan baik kita memuliakan Allah. Banyak perbuatan baik manusia yang sia-sia di mata Tuhan (lihat
Matius 15:7-8; Lukas 18:9-14). Perbuatan baik yang memuliakan Tuhan berhubungan dengan motivasi dan tujuan hidup yang berdasarkan kasih Tuhan yang kita terima demi kemajuan Injil Kristus. Perbuatan baik ini seharusnya
nyata baik dalam hidup rumah tangga, pekerjaan, pelayanan, dan setiap aspek hidup kita.

Ringkasan kotbah Reformasi Pdt. Paulus Surya, 30 Oktober 2022