Waspada dan Kenalilah!

posted in: Sermon | 0

Matius 7:15-20 | Pdt. Erick Kartawijaya

A Tree and Its Fruit (Listen)

15 “Beware of false prophets, who come to you in sheep’s clothing but inwardly are ravenous wolves. 16 You will recognize them by their fruits. Are grapes gathered from thornbushes, or figs from thistles? 17 So, every healthy tree bears good fruit, but the diseased tree bears bad fruit. 18 A healthy tree cannot bear bad fruit, nor can a diseased tree bear good fruit. 19 Every tree that does not bear good fruit is cut down and thrown into the fire. 20 Thus you will recognize them by their fruits.

Tuhan menghendaki agar setiap orang percaya waspada dan mengenali para pengajar/nabi palsu, agar tidak menjadi sesat dan binasa. Bagaimana kita bisa mengenalinya?

1. Dari Macam Buahnya (7:16)
Semak duri atau rumput duri takkan menghasilkan buah anggur atau buah ara, yang merupakan bagian dari makanan utama bangsa Yahudi. Kadang semak duri mengeluarkan buah kecil yang pahit dan ber-racun; atau rumput duri, bunga yang seperti buah ara tetapi tak bisa dimakan. Demikianlah pengajaran guru/nabi palsu hanya akan membawa kepahitan dan kebinasaan bagi para pengikutnya. (Yohanes 10:10)

2. Dari Kualitas Buahnya (7:17-18)
Pohon yang tidak baik takkan menghasilkan buah yang baik. Pengajaran guru/nabi palsu hanya untuk keuntungan dirinya, tidak sesuai dengan Firman/kehendak Allah, bukan untuk meninggikan dan memuliakan Tuhan. Baik menurut dirinya, tetapi bukan baik menurut Allah. Dari hati yang berdosa, hanya akan keluar perkataan, pemikiran dan perbuatan jahat. (Efesus 5:8-10)

3. Dari Buah Akhirnya (7:19-20)
Pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik pasti akan ditebang dan dibuang ke dalam api. Hal itu pasti dan memastikan bahwa mereka adalah guru/nabi palsu. Mereka menyangkali Tuhan Penebus dan Jalan kebenaran. Kesalahan dan hukuman mereka pasti ternyata dan dihukum pada hari akhir nanti. (2 Petrus 2:1-3)

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, 9 Oktober 2022