Joy In Hard Times

posted in: Sermon | 0

Hab 3:17-19 | Pdt. Paulus Surya

Habakkuk Rejoices in the Lord (Listen)

17   Though the fig tree should not blossom,
    nor fruit be on the vines,
  the produce of the olive fail
    and the fields yield no food,
  the flock be cut off from the fold
    and there be no herd in the stalls,
18   yet I will rejoice in the LORD;
    I will take joy in the God of my salvation.
19   GOD, the Lord, is my strength;
    he makes my feet like the deer’s;
    he makes me tread on my high places.
  To the choirmaster: with stringed instruments.

Bagian ini pada dasarnya mengajarkan bahwa di tengah persoalan hidup yang menyesakkan, orang percaya bisa tetap mengalami sukacita sejati. Apa rahasianya?

Fokus pada siapa Tuhan itu
Dalam ayat 18-19a, Habakuk menyebut Allah dengan 3 sebutan: TUHAN (YAHWEH), Allah (Elohim) & ALLAH Tuhanku (YAHWEH ADONAI). Sebutan-sebutan ini menyatakan kebesaran Tuhan yang jauh lebih besar daripada masalah yang sedang dihadapi oleh Habakuk. Pada saat kita mengalami masalah, fokuslah kepada kebesaran Tuhan kita.

Ingat karya keselamatan Tuhan
Di tengah masalah hidupnya, Habakuk mengingat dan mensyukuri karya keselamatan Tuhan baginya dan bagi bangsa Israel (lihat ayat 18b & 13). Keselamatan di sini merefleksikan keselamatan dalam Yesus bagi kita dari perbudakan dosa. Mensyukuri keselamatan ini akan membuat kita bisa tetap tenang dan bersukacita di tengah-tengah persoalan hidup.

Berpengharapan akan berkat Tuhan di masa depan
“Allah Tuhanku itu kekuatanku; Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.” (ayat 19). Ayat ini mengungkapkan pengharapan yang kuat kepada Allah. Allah menguatkan Habakuk untuk menuju ke tempat yang tinggi seperti rusa yang kembali ke rumahnya di perbukitan. Ini gambaran akan langit dan bumi
yang baru bagi orang yang beriman kepada Kristus (bandingkan dengan Yohanes 14:1-2). Apapun persoalan hidup kita, teruslah berfokus, mengingat & berpengharapan dalam Tuhan.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 31 Juli 2022