Hidup Berpusat Pada Kristus

posted in: Sermon | 0

Kol 3:15-17 | Pdt. Paulus Surya

15 And let the peace of Christ rule in your hearts, to which indeed you were called in one body. And be thankful. 16 Let the word of Christ dwell in you richly, teaching and admonishing one another in all wisdom, singing psalms and hymns and spiritual songs, with thankfulness in your hearts to God. 17 And whatever you do, in word or deed, do everything in the name of the Lord Jesus, giving thanks to God the Father through him.

Rasul Paulus mengingatkan Jemaat Kolose, juga kita sebagai jemaat dan tubuh Kristus, agar hidup berpusat pada Kristus. Apa saja bentuk dari hidup berpusat pada Kristus itu?

1. Hidup menurut damai sejahtera Kristus (v.15)
Setelah Kristus memperdamaikan kita dengan Allah (Roma 5:1); kita diperdamaikan dengan diri (Yohanes 14:27); juga dengan sesama (Efesus 2:14) terkhusus dengan umat-Nya. Hidup bersama umatNya adalah konteks dari Kolose 3:15- 17. Rasul Paulus mengingatkan: Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah hati kita; dan hendaklah kita bersyukur atas damai sejahtera itu, karena untuk itulah kita dipanggil menjadi satu tubuh.

2. Hidup dipimpin perkataan Kristus (v.16)
Hendaklah perkataan Kristus (Firman Tuhan) diam/tinggal di antara kita. Tinggal dengan segala kekayaannya (richly) yaitu dengan segala hikmatnya. Hikmat yang memimpin kita untuk mengenal Tuhan dan karyaNya dalam hidup kita. Hikmat yang memimpin kita untuk saling mengajar dan menegur seorang akan yang lain, serta menyanyikan mazmur, puji-pujian bagi Allah (hymne) dan nyanyian rohani, karena syukur kita kepada Allah atas kasih karunia demi kasih
karuniaNya.

3. Hidup di dalam nama Kristus (v.17)
Hendaklah segala perkataan dan perbuatan kita, dilakukan di dalam nama Tuhan Yesus. Berarti kita melakukannya sebagai utusan/hambaNya, sesuai kehendakNya, bersandar pada kuasaNya, dan untuk memuliakan Dia. Hendaklah
semua itu kita lakukan sebagai ucapan syukur kepada Allah Bapa oleh (melalui) Kristus.

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, 10 April 2022