Citra Manusia Baru

posted in: Sermon | 0

Kol 3:12-14 | Pdt. Erick Kartawijaya

12 Put on then, as God’s chosen ones, holy and beloved, compassionate hearts, kindness, humility, meekness, and patience, 13 bearing with one another and, if one has a complaint against another, forgiving each other; as the Lord has forgiven you, so you also must forgive. 14 And above all these put on love, which binds everything together in perfect harmony.

Rasul Paulus mengingatkan agar setiap umat Allah yang telah dipilih, dikuduskan dan dikasihiNya – agar mengenakan citra manusia baru yaitu citra Kristus atau citra Allah sendiri (Roma 8:29; Kolose 3:10). Apa yang dimaksud dengan ‘mengenakan citra manusia baru’ itu?

1. Mengenakan karakter Kristus (v.12)
Dari banyak karakter Allah yang tampak nyata di dalam Kristus, rasul Paulus secara khusus menyoroti lima karakter yang sangat diperlukan untuk hidup bersama, yaitu: belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah lembutan
dan kesabaran. Kelima karakter tersebut adalah bagian dari buah Roh kudus yang melakukan pembaharuan di dalam
hidup umat Allah (Roma 12:2; Galatia 5:22-23; Kolose 3:10).

2. Mengenakan kesabaran & pengampunan Kristus (v.13)
Karakter dikenal melalui perkataan/perbuatan yang dilakukan secara konsisten. Ke-lima karakter Kristus itu akan tampak nyata dalam kesabaran menanggung untuk bersama dengan sesama dan mengampuni sesama, bahkan yang bersalah atau menyakitkan hati (Roma 15:1-2; 2Petrus 3:15). Sabarlah menanggung dan mengampuni seperti Kristus
kepada kita (Filipi 2:5-8).

3. Mengenakan kasih Kristus (v.14)
Yang seharusnya dirasakan atau kesan yang tampak kepada sesama, melalui perkataan atau perbuatan kita adalah kasih, seperti kasih Kristus (agape). Kasih Kristus yang mengikat dan menyatukan orang percaya sebagai tubuh Kristus. Tanpa kasih, maka segala yang diperbuat jemaat/orang percaya tidak lengkap/sempurna, tetapi sia-sia dan tidak berguna (1Korintus 13:1-3; 1Yohanes 4:7-11).

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, 20 Maret 2022