The Source of Our Strength

posted in: Sermon | 0

Mazmur 93 | Pdt. Paulus Surya

The Lord Reigns (Listen)

93   The LORD reigns; he is robed in majesty;
    the LORD is robed; he has put on strength as his belt.
  Yes, the world is established; it shall never be moved.
  Your throne is established from of old;
    you are from everlasting.
  The floods have lifted up, O LORD,
    the floods have lifted up their voice;
    the floods lift up their roaring.
  Mightier than the thunders of many waters,
    mightier than the waves of the sea,
    the LORD on high is mighty!
  Your decrees are very trustworthy;
    holiness befits your house,
    O LORD, forevermore.

Bagian ini pada dasarnya mengajarkan bahwa TUHAN yang berkuasa atas dunia ini adalah sumber kekuatan bagi kita untuk menjalani hidup dengan benar, termasuk menjalani tahun 2022. Tuhan yang bagaimana yang berkuasa atas dunia ini?

TUHAN yang dapat kita andalkan
TUHAN adalah Raja yang berkuasa atas hidup ini, takhtaNya “tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada” (ayat 1-2). Ayat ini menegaskan bahwa TUHAN adalah Tuhan yang dapat kita andalkan terus-menerus. Ia tidak pernah salah memimpin hidup kita umatNya. Ia tetap sama dulu, sekarang dan selamanya (lihat Ibrani 13:8).

TUHAN yang lebih besar dari masalah kita
Di ayat 3-4, pemazmur melukiskan kekuatan sungai-sungai dan ombak lautan, namun ia menyimpulkan bahwa TUHAN lebih hebat dari semua itu. Pada saat berlayar bersama murid -muridNya, Yesus yang adalah Tuhan, meredakan angin badai dan ombak lautan yang sedang mengamuk (lihat Markus 4:39-40). Bahkan masalah terbesar manusia yaitu dosa dan murka Allah atasnya, diselesaikan oleh Tuhan Yesus.

TUHAN yang menuntun hidup kita
“PeraturanMu sangat teguh; baitMu layak kudus, ya TUHAN, untuk sepanjang masa.” (ayat 5). Kata “peraturan” menunjuk pada perintah atau Firman Tuhan. Peraturan Tuhan dihubungkan dengan bait Allah, yaitu lambang kehadiran Tuhan di tengah umatNya, yang pemenuhannya secara nyata adalah dalam diri Yesus. Dalam Yesus dan FirmanNya, Tuhan menuntun hidup kita. Jika kita mau dituntun oleh Tuhan, maka kita harus bergaul dengan Tuhan dan FirmanNya.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 2 Januari 2022