Fathers

posted in: Sermon | 0

Kolose 3:21 | Pdt Erick Kartawijaya

21 Fathers, do not provoke your children, lest they become discouraged.

Paulus secara khusus berpesan kepada para ayah (bapa) untuk melakukan peran dan tugasnya dengan benar. Kita juga diingatkan untuk melakukan peran dan tugas kita di dalam Kristus dengan benar. Hal apa saja yang diingatkan rasul Paulus?

1. Melakukan posisi dan peran kita
‘Hai bapa-bapa’ – Paulus mengingatkan bahwa ‘bapa’ adalah posisi khusus yang dianugerahkan Allah di tengah keluarga. Para ‘bapa’ diingatkan untuk menyadari posisi mereka dan melakukan peran mereka dengan benar, seperti yang Tuhan kehendaki. Kita juga diingatkan untuk menyadari posisi kita dan melakukan peran kita di dalam Kristus dengan benar (Kolose 3:17,23; 1Korintus 4:15).

2. Mengajar bukan menghajar
‘Sakiti hati’ karena sang ‘bapa’ terus menunjukkan kesalahan dan kekurangan anak, bahkan menghajarnya (abusive): baik langsung atau tidak; dengan perkataan atau perbuatan; yang dilakukan bukan karena kasih atau untuk mendidik/mengajar (Ibrani 12:7). Paulus mengingatkan agar para ‘bapa’ mengasihi, mendidik dan mengajar anak mereka. Kita juga diingatkan untuk mengasihi dan mengajar sesama di dalam Kristus (2Timotius 3:10; Kolose 3:13).

3. Membesarkan bukan menawarkan hati
‘Tawar hati’ dalam arti tidak mau melakukan atau melakukan tanpa motivasi. Hal itu terjadi sebagai akibat marah/sakit hati. Paulus mengingatkan agar ’bapa-bapa’ memberi dorongan
dan nasihat kepada anak (Efesus 6:4). Kita juga diingatkan untuk menasihati dan membangun sesama (1 Tesalonika 2:11; Ibrani 10:24-25).

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, 5 September 2021