No Other Gods

posted in: Sermon | 0

Keluaran 20:1-3 | Pdt Paulus Surya

The Ten Commandments (Listen)

20 And God spoke all these words, saying,

“I am the LORD your God, who brought you out of the land of Egypt, out of the house of slavery.

“You shall have no other gods before me.

10 perintah Allah diberikan kepada umat Tuhan supaya memberi tuntunan untuk hidup sesuai kehendak Allah. Bagi orang yang belum percaya, perintah Allah ini untuk membatasi kejahatan dan menyadarkan manusia berdosa perlunya Juruselamat. Perintah yang pertama mengajarkan bahwa TUHAN menghendaki agar jangan ada pada kita allah lain di hadapanNya. Apa wujud ketaatan kita kepada perintah ini?

Mengakui TUHAN sebagai satu-satunya Allah yang benar
Yesaya 45:5a mencatat, “Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah.” Satu-satunya Allah yang benar ini memperkenalkan diri dalam Yesus yang menebus
kita dari perbudakan dosa. Jika kita menyembah Allah dalam Yesus, tapi tidak menyembah Dia saja, maka kita sebenarnya tidak benar-benar menyembah Allah, dan ini berarti kita melanggar perintah pertama ini.

Menaati TUHAN dengan kasih
Mengakui TUHAN sebagai satu-satunya Allah yang benar berarti juga menaati Dia (lihat 1 Raja 8:60-61). Menaati Dia dengan benar berarti menaati Dia dengan kasih, yaitu mengasihi Dia yang telah menyelamatkan kita dari perbudakan dosa. Dengan demikian kita dapat menaati Tuhan bukan dengan beban yang berat.

Mengutamakan TUHAN
Istilah “jangan ada padamu” memakai kata ganti tunggal. Ini menunjukkan setiap individu orang percaya sudah seharusnya mengutamakan Tuhan dalam hidupnya, melebihi hal-hal lainnya termasuk hobi, keluarga, pekerjaan, pelayanan, uang, dll. Bagaimana kita bisa mengutamakan Tuhan? Berilah waktu bersekutu denganNya yang terbaik, berilah persembahan yang terbaik, dan utamakan Dia dalam setiap keputusan hidup yang kita ambil.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 15 Agustus 2021