The Call of Jesus

posted in: Sermon | 0

Markus 2:13-17 | Pdt. Paulus Surya

Jesus Calls Levi (Listen)

13 He went out again beside the sea, and all the crowd was coming to him, and he was teaching them. 14 And as he passed by, he saw Levi the son of Alphaeus sitting at the tax booth, and he said to him, “Follow me.” And he rose and followed him.

15 And as he reclined at table in his house, many tax collectors and sinners were reclining with Jesus and his disciples, for there were many who followed him. 16 And the scribes of the Pharisees, when they saw that he was eating with sinners and tax collectors, said to his disciples, “Why does he eat with tax collectors and sinners?” 17 And when Jesus heard it, he said to them, “Those who are well have no need of a physician, but those who are sick. I came not to call the righteous, but sinners.”

Bagian ini pada intinya mengajarkan bahwa panggilan Tuhan Yesus bagi kita orang berdosa adalah panggilan yang membawa keselamatan sejati. Panggilan ini terjadi pada Lewi si pemungut cukai. Apa saja sifat-sifat panggilan Yesus yang membawa keselamatan sejati itu?

PERSONAL
Ayat 14 mencatat bahwa Yesus berkata kepada Lewi, “Ikutlah Aku!”. Panggilan Yesus ini unik dibandingkan dengan guru-guru orang Yahudi waktu itu. Yesus memanggil dan memilih muridNya untuk mengikuti diriNya, sedangkan rabi-rabi Yahudi tidak memanggil muridnya dan tidak untuk mengikuti dirinya tetapi hanya ajarannya. Bagi orang Kristen, kita tidak mungkin bisa mengikuti ajaran Yesus tanpa memiliki personal relationship with Jesus.

ATTRACTIVE
Pada dasarnya panggilan Tuhan Yesus bagi kita orang berdosa adalah menarik hati, indah dan penuh sukacita bagi yang meresponinya. Ayat 15 mencatat hal ini terjadi pada Lewi yang langsung berdiri dan mengikut Yesus. Di Lukas 5:28 dicatat bahwa ia bahkan meninggalkan segala sesuatu, yaitu perkerjaannya yang tidak mungkin ia kembali lagi. Juga di Lukas 5:29 dicatat Lewi mengadakan perjamuan besar tanda sukacita. Panggilan “Ikultah Aku” dari Yesus selalu bersifat terus-menerus dan bukan hanya sementara.

TRANSFORMATIVE
Panggilan Yesus adalah panggilan yang mengubahkan hidup kita. Beberapa penafsir mengatakan bahwa perjamuan besar yang diadakan Lewi adalah cara dia untuk mengajak teman-temannya mengenal Yesus. Lewi sendiri lebih suka memakai nama Matius yang artinya gift of God. Ia menyadari kesempatan mengikut Yesus adalah anugerah Tuhan sehingga ia berubah hidupnya melayani Yesus seumur hidupnya. Semua ini dimulai dari Yesus sebagai Tabib yang “menyembuhkan” dia dengan mengorbankan nyawaNya.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 19 Juli 2020

Leave a Reply