Walk In Him

posted in: Sermon | 0

Kolose 2:6-7 | Pdt. Paulus Surya

Alive in Christ (Listen)

Therefore, as you received Christ Jesus the Lord, so walk in him, rooted and built up in him and established in the faith, just as you were taught, abounding in thanksgiving.

Kata “menerima” dalam bahasa Yunani nya dipakai kata “paralambano”, yaitu menerima sesuatu yang luar biasa. Kalau seseorang menerima sesuatu yang biasa, akan dipakai kata Yunani “lambano”. Yesus yang menyelamatkan kita, orang yang percaya kepadaNya, memang adalah pemberian Allah yang terbesar bagi umat manusia.

Jadi Kolose 2:6-7 ini pada dasarnya mengajarkan bahwa karena kita yang telah menerima Yesus, telah menerima pemberian Allah terbesar, maka Ia mau kita ‘walk in Him’. Apa artinya ‘walk in Him’ ?

1. Berakar dan dibangun dalam Dia
“Hendaklah kamu berakar dalam Dia dan dibangun di atas Dia” (ayat 7a). Ini menunjukkan bahwa kita seharusnya memiliki kerinduan untuk bertumbuh seperti akar pohon dan disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk bertumbuh. Hal terpenting di sini adalah bahwa Pribadi Yesus sebagai dasar untuk kita bertumbuh.

2. Bertambah teguh dalam iman
“Hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang diajarkan kepadamu” (ayat 7b). Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan iman kita juga bergantung pada kebenaran Firman Tuhan. Yaitu kebenaran Firman Tuhan yang telah diajarkan para nabi dan para rasul, yang tertulis dalam Alkitab. Saat kita memahami FirmanNya yang berpusatkan Kristus dan merenungkannya, serta menerapkannya, maka iman kita akan bertumbuh dengan sehat.

3. Melimpah dengan syukur
“Hendaklah hatimu melimpah dengan syukur” (ayat 7c). Surat Kolose yang terdiri dari empat pasal ini, mencatat pentingnya hidup bersyukur kepada TUHAN di semua pasalnya. Hal ini menunjukkan bahwa kita hanya bisa bertumbuh dengan sehat apabila kita senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan atas keselamatan dalam Kristus bagi kita. Ucapan syukur ini kita nyatakan dalam tingkah laku sehari-hari, baik dalam pelayanan, pekerjaan, sekolah dan seluruh aspek hidup kita.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, tgl.17 November 2019

Leave a Reply