He Is The Greatest

posted in: Sermon | 0

Amsal 21:1, 30, 31 | Pdt. Paulus Surya

21   The king's heart is a stream of water in the hand of the LORD;
    he turns it wherever he will.

30   No wisdom, no understanding, no counsel
    can avail against the LORD.
31   The horse is made ready for the day of battle,
    but the victory belongs to the LORD.

Dari 3 ayat tersebut, kita dapat melihat kebenaran bahwa di antara yang paling hebat dalam hidup manusia, TUHAN tetap jauh lebih hebat. Apa saja kehebatan-kehebatan Tuhan yang kita kenal dalam Kristus yang diajarkan dalam Amsal ini?

He is the most powerful
“Hati raja seperti batang air di dalam tangan Tuhan, dialirkanNya ke mana Ia ingini.” (ayat 1). Alkitab banyak mencatat tentang raja yang sangat berkuasa, namun mereka semua ada dalam tangan kuasa Tuhan. Contohnya raja Nebukadnezar (Daniel 4:31-35), raja Herodes (Kisah 12:23), raja Ahasyweros, dll. Ini menunjukkan bahwa semua pemimpin di dunia ini pun ada dibawah kontrol Tuhan yang kita kenal dalam Yesus Kristus.

He is the wisest
“Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi Tuhan.” (ayat 30). Bagian ini mengajarkan bahwa kita perlu untuk taat kepada Firman Tuhan meskipun kadang sulit atau melampaui akal kita. Hikmat Tuhan dinyatakan kepada kita umat Tuhan dalam bentuk 10 perintah Allah yang dapat diringkas menjadi mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Seringkali orang berpikir bahwa perintah-perintah tersebut membuat kita tidak bisa bahagia, padahal dalam hikmatNya yang sempurna, Tuhan justru memberikan semuanya itu untuk kebaikan kita.

He is the strongest
“Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan Tuhan.” (ayat 31). Alkitab banyak mencatat tentang kisah bangsa yang memiliki banyak kekuatan kereta berkuda. Tetapi mereka tetap akan kalah pada saat Tuhan tidak berpihak padanya (lihat Kisah Barak melawan Sisera, Gideon dengan 300 pasukan saja, tentara Asyur yang dibinasakan Tuhan sebanyak 185.000 orang dalam semalam saja, kisah Daud melawan Goliat, dll). Kemenangan dalam tangan Tuhan yang terpenting adalah mengalahkan dosa, maut dan iblis. Kita tidak mungkin melawan mereka dengan kekuatan apapun selain dengan bersandar kepada Yesus Kristus. Ini juga berlaku dalam kita menghadapi berbagai tantangan hidup sehari-hari.

Ringkasan kotbah kebaktian Minggu Pdt. Paulus Surya, 30 Juni 2019

Leave a Reply