Temple of the Holy Spirit

posted in: Sermon | 0

1 Kor 6:19-20 | Pdt. Paulus Surya

19 Or do you not know that your body is a temple of the Holy Spirit within you, whom you have from God? You are not your own, 20 for you were bought with a price. So glorify God in your body.

 

Sebenarnya setiap orang percaya memiliki kekayaan rohani yang luar biasa, yaitu memiliki Allah Roh Kudus, tetapi seringkali banyak orang Kristen yang hidup dalam kemiskinan rohani.

1 Korintus 6:19-20 mengajarkan bahwa bila kita memahami dengan benar bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus, maka seharusnya kita akan hidup dalam kelimpahan rohani / memuliakan Allah. Apa artinya tubuh kita adalah bait Roh Kudus?

 

Kita dianugerahi Roh Kudus oleh Allah
“Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah” (ayat 19). Ini menunjukkan bahwa Roh Kudus yang diam dalam diri kita bukan hasil usaha kita tetapi anugerah Allah. 1 Korintus 3:16 mencatat tentang Roh Kudus yang diam di dalam gereja / umat Tuhan secara keseluruhan. Sedangkan 1 Korintus 6:19-20 mencatat tentang Roh Kudus yang tinggal di dalam setiap individu orang percaya. Untuk apa? Supaya kita dapat memahami Firman Tuhan / berita keselamatan tentang injil Kristus, serta menghidupinya.

Hidup kita adalah milik Allah
“Kamu bukan milik kamu sendiri” (ayat 19b). Ungkapan ini menekankan bahwa baik tubuh maupun roh kita adalah milik Allah. Kita tidak boleh menggunakan tubuh kita secara sembarangan, seperti untuk percabulan, karena tubuh kita juga telah ditebus oleh Yesus Kristus. Konsep hidup kita adalah milik Allah ini juga sekaligus menunjukkan bahwa semua yang kita miliki adalah titipan dari Allah. Semua yang Allah titipkan harus kita pakai dengan bertanggung-jawab untuk kemuliaanNya.

Roh Kudus memampukan kita untuk memuliakan Allah
“Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar, karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu” (ayat 20). Hanya dengan pimpinan Allah Roh Kudus kita baru bisa memuliakan Allah dengan benar. Yaitu bukan sekedar hidup saleh, tetapi hidup saleh yang motivasinya karena telah diselamatkan dalam Kristus. Mari kita memuliakan Allah dalam hidup ini dengan dipimpin Allah Roh Kudus sehingga kita bisa memakai talenta, waktu, harta dan seluruh aspek hidup kita untuk Dia.

Ringkasan kotbah Minggu Pentakosta Pdt. Paulus Surya, 9 Juni 2019