His Name is a Strong Tower

posted in: Sermon | 0

Amsal 18:10 | Pdt. Paulus Surya

10   The name of the LORD is a strong tower;
    the righteous man runs into it and is safe.

 

Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.

 

Nama TUHAN di sini adalah nama YHWH / Jehovah, yaitu Allah yang kita kenal dalam Tuhan Yesus Kristus. Istilah “nama TUHAN” menunjuk kepada pribadi dan karakter Allah. Apa yang dimaksud dengan “nama TUHAN adalah menara yang kuat”?

Protection
Salah satu fungsi menara dalam suatu kota adalah melindungi penduduknya dari serangan musuh. 1 Raja 9:15 mencatat tentang kota-kota yang diperkuat Salomo, antara lain Yerusalem, Hazor, Megido dan Gezer. Semua kota ini memiliki menara yang menjadi bagian dari kekuatan kota itu. Tuhan digambarkan sebagai menara yang kuat menunjukkan perlindunganNya bagi kita umatNya. Perlindungan baik dalam hidup sehari-hari maupun yang bersangkut-paut dengan hidup yang kekal.

Guidance
Fungsi lain dari menara adalah untuk memberi petunjuk arah yang jelas. Oleh sebab itu menara biasanya dibangun setinggi mungkin. Dengan demikian, musuh yang akan datang bisa langsung dengan mudah dilihat. Tuhan digambarkan sebagai menara yang kuat karena Dia memberi arah pedoman hidup ini. Untuk apa kita hidup di dunia yang singkat ini? Bagaimana mengatasi kematian yang pasti akan datang dalam hidup kita ini? Hanya dalam Yesus ada jawabannya.

Supervision
Orang yang berjaga di suatu menara bisa melihat hal-hal yang terjadi di sekelilingnya. Tuhan digambarkan seperti menara karena mata Tuhan melihat segala yang terjadi dalam hidup kita (lihat Amsal 5:21 & Amsal 15:3). Kenyataan ini merupakan sesuatu yang menakutkan bagi orang yang hidup dalam dosa, tetapi kebenaran ini menjadi penghiburan dan kekuatan bagi kita anak-anak Tuhan yang mau hidup taat kepadaNya. Tuhan selalu melihat, menjaga dan memelihara hidup kita, baik saat lancar maupun saat kesulitan.

Ringkasan kotbah kebaktian Minggu Pdt. Paulus Surya, 19 Mei 2019