The Role of God’s Word

posted in: Sermon | 0

Mazmur 119:105-112 | Pdt. Paulus Surya

Nun

105   Your word is a lamp to my feet
    and a light to my path.
106   I have sworn an oath and confirmed it,
    to keep your righteous rules.
107   I am severely afflicted;
    give me life, O LORD, according to your word!
108   Accept my freewill offerings of praise, O LORD,
    and teach me your rules.
109   I hold my life in my hand continually,
    but I do not forget your law.
110   The wicked have laid a snare for me,
    but I do not stray from your precepts.
111   Your testimonies are my heritage forever,
    for they are the joy of my heart.
112   I incline my heart to perform your statutes
    forever, to the end.

 

Mazmur 119:105-112 intinya mengajarkan bahwa Firman Tuhan adalah harta yang sangat berharga yang Tuhan berikan kepada manusia. Apa peran Firman Tuhan dalam hidup kita manusia?

 

Bagian ini intinya mengajarkan bahwa Firman Tuhan adalah harta yang sangat berharga yang Tuhan berikan kepada manusia sepanjang zaman. Saat ini kita memiliki Firman Tuhan
dalam bentuk Alkitab, yaitu 39 kitab dalam Perjanjian Lama dan 27 kitab dalam Perjanjian Baru. Apa peran Firman Tuhan dalam hidup kita manusia?

The Light of Life
“FirmanMu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (ayat105). Orang yang hidupnya dipimpin oleh Firman Tuhan akan mula-mula dipimpin untuk beriman kepada Tuhan Yesus Kristus (lihat Roma 10:17). Selanjutnya Firman Tuhan akan menerangi hidup orang beriman selangkah demi selangkah. Dalam 2 Timotius 3:16, Firman Tuhan akan menerangi kita di
dalam mengajarkan kebenaran, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan mendidik orang dalam kebenaran.

The Strength of Life
Firman Tuhan adalah pegangan hidup yang dapat kita andalkan. Baik saat kita mengalami kelancaran hidup maupun saat kita mengalami kesulitan hidup. “Aku sangat tertindas, ya Tuhan… Namun tauratMu tidak kulupakan… Tapi aku tidak sesat dari titah-titahMu.” (lihat ayat 106-107, 109-110). Apakah saudara sedang mengalami masalah dan penderitaan dalam hidup ini? Seperti pemazmur, mari kita terus berpegang pada FirmanNya, karena FirmanNya adalah sumber kekuatan bagi hidup kita.

The Source of Joy
Pemazmur menjadikan Firman Tuhan sebagai sumber sukacita baginya pada saat beribadah bersama jemaat lainnya (ayat 108), maupun dalam hidup sehari-hari (ayat 111-112).

“Peringatan-peringatanMu adalah milik pusakaku untuk selama- lamanya; sebab semuanya itu kegirangan hatiku.” (ayat 111).

Istilah “milik pusaka” berarti merupakan warisan yang sangat berharga. Apakah kita melihat Firman Tuhan sebagai warisan rohani kita yang sangat berharga dan merupakan sumber
sukacita kita?

Mari kita menjalani hidup ini dengan menjadikan Firman Tuhan sebagai terang hidup, kekuatan hidup dan sumber sukacita untuk mengenal Sang Terang Dunia dengan lebih dalam lagi.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 25 Februari 2018.