Yesus Dibaptis

posted in: Sermon | 0

Lukas 3:21-23 | Pdt. Erick Kartawijaya

21 Now when all the people were baptized, and when Jesus also had been baptized and was praying, the heavens were opened, 22 and the Holy Spirit descended on him in bodily form, like a dove; and a voice came from heaven, “You are my beloved Son; with you I am well pleased.”

The Genealogy of Jesus Christ (Listen)

23 Jesus, when he began his ministry, was about thirty years of age, being the son (as was supposed) of Joseph, the son of Heli,

 

Peristiwa Yesus dibaptis dicatat di dalam keempat kitab injil. Hal ini menyatakan bahwa ini adalah peristiwa yang penting. Apa arti penting dari Yesus dibaptis?

 

Peristiwa Yesus dibaptis dicatat di dalam keempat kitab injil. Hal ini menyatakan bahwa ini adalah peristiwa yang penting. Sakramen Baptisan adalah tanda/meterai seseorang menjadi umat Tuhan di suatu gereja yang kelihatan (visible church), berdasarkan pengakuan iman percaya dan pertobatannya, serta janji untuk hidup bagi Kristus dan ikut dalam pekerjaan injil-Nya. Apa arti penting dari Yesus dibaptis?

1. His Identity
Yesus memberi diri dibaptis oleh Yohanes. Dia menyamakan diri dengan orang banyak (3:2-3). Hal ini menyatakan identitasNya sebagai manusia sepenuhnya dan Allah sepenuhnya (3:22). Melalui baptisan, Yohanes menyiapkan suatu umat bagi Tuhan, bukan berdasarkan keturunan, tapi berdasarkan pertobatan dan karunia Allah di dalam Mesias (1:17; 3:1-4; Matius 3:6,8-12). Itulah identitas baru orang percaya sebagai umat Allah.

2. His Qualification
Meski Yesus tidak berdosa, tetapi Dia memberi diriNya dibaptis untuk menggenapi perintah Allah. Hal itu menyatakan kwalifikasi Yesus sebagai yang ‘benar’ dan ‘tidak bercacat’, layak menjadi korban penghapus dosa (3:3; Matius 3:14-15; Yohanes 1:29,36). Yesus yang benar, telah dibuat menjadi dosa karena kita, supaya kita dibenarkan oleh Allah (2Korintus 5:21; 1Petrus 3:18). Itulah berita injil tentang penebusan dosa di dalam Yesus, yang menjadi keselamatan bagi orang berdosa (Roma 6:5-6).

3. His Credentials
Saat dibaptis, ada di hadapan banyak orang, Yesus berdoa (3:2). Yesus menyatakan persekutuanNya dengan Allah. Pada saat itulah: langit terbuka, Roh kudus turun dan terdengar suara dari langit; Allah menyatakan perkenanNya dan memberi mandatNya untuk Yesus memulai pekerjaan misi keselamatanNya pada usia aktif bagi orang Lewi (3:23; Bilangan 4:3). Hal itu menegaskan bahwa Yesus adalah Mesias (3:15-16; 4:18-19) dan Allah Tritunggal berperan aktif dalam karya keselamatan. Karena itu Yesus menyuruh para murid untuk membaptis dalam Nama Bapa, Anak dan Roh kudus dan mengajar (Matius 28:19-20) agar orang percaya hidup di dalam Yesus dan bagi Yesus (Roma 6:4,11).

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, tanggal 4 Februari 2018.