Praise His Perfect Work

posted in: Sermon | 0

Mazmur 111:1-10 | Pdt. Paulus Surya

Great Are the Lord's Works (Listen)

111    Praise the LORD!
  I will give thanks to the LORD with my whole heart,
    in the company of the upright, in the congregation.
  Great are the works of the LORD,
    studied by all who delight in them.
  Full of splendor and majesty is his work,
    and his righteousness endures forever.
  He has caused his wondrous works to be remembered;
    the LORD is gracious and merciful.
  He provides food for those who fear him;
    he remembers his covenant forever.
  He has shown his people the power of his works,
    in giving them the inheritance of the nations.
  The works of his hands are faithful and just;
    all his precepts are trustworthy;
  they are established forever and ever,
    to be performed with faithfulness and uprightness.
  He sent redemption to his people;
    he has commanded his covenant forever.
    Holy and awesome is his name!
10   The fear of the LORD is the beginning of wisdom;
    all those who practice it have a good understanding.
    His praise endures forever!

 

Setiap orang percaya dipanggil untuk memuji dan mensyukuri perbuatan Allah yang sempurna dalam hidupnya. Dalam hal apa saja?

 

Mazmur ini dimulai dengan pemazmur memuji nama TUHAN, yaitu dengan istilah “Haleluya”. Perbuatan Allah yang sempurna disebutkan oleh pemazmur dengan 7 keterangan, yaitu: besar, agung, bersemarak, tetap untuk selamanya, ajaib, pengasih, dan penyayang. 7 hal ini menunjukkan bahwa perbuatan Allah dalam hidup umatNya adalah sempurna dan tidak pernah salah. Setiap orang percaya dipanggil untuk memuji dan mensyukuri perbuatan Allah yang sempurna dalam hidupnya. Dalam hal apa saja?

Memenuhi kebutuhan kita (ayat 5-6)
“DiberikanNya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia.” Istilah rezeki di sini dalam Bahasa Inggris diterjemahkan sebagai “foods”. Ini menunjukkan bahwa Allah senantiasa akan memenuhi kebutuhan umatNya secara jasmani, tetapi juga secara rohani. Meskipun TUHAN tidak selalu memenuhi keinginan kita, tetapi Ia selalu memenuhi kebutuhan kita. Mari kita bawa segala kebutuhan kita kepadaNya dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Menjamin keselamatan kita (ayat 7-9)
“DikirimNya kebebasan kepada umatNya.” Latar belakang ayat ini menunjuk kepada kebebasan yang didapat oleh bangsa Israel tatkala Tuhan membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Hal ini merupakan gambaran dari pembebasan Tuhan untuk kita orang percaya dari perbudakan dosa. Keselamatan bernilai kekal karena dijamin oleh karakter Allah sendiri yang agung dan mulia. Yaitu benar, adil, teguh dan jujur (ayat 7-8).

Memberi hikmat (ayat 10)
“Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik.” Bagi orang yang takut akan Tuhan, Allah memberikan hikmat kepadanya. Yang dimaksud dengan hikmat di sini adalah pikiran dan kehidupan yang dipimpin oleh Firman Tuhan. Salah satu bentuk kita bisa bertumbuh dalam hikmat Tuhan adalah melalui membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Bagi Jemaat yang telah berkomitmen membaca Firman Tuhan setiap hari, jadikan kesempatan ini untuk mengenal Sang Sumber Hikmat, yaitu Yesus Kristus, yang membuat hidup kita makin berhikmat.

Ringkasan kotbah Pdt. Paulus Surya, 14 Jan 2018.