The Path Of Life

posted in: Sermon | 0

Mazmur 16:8-11 | Pdt. Paulus Surya

  I have set the LORD always before me;
    because he is at my right hand, I shall not be shaken.
  Therefore my heart is glad, and my whole being rejoices;
    my flesh also dwells secure.
10   For you will not abandon my soul to Sheol,
    or let your holy one see corruption.
11   You make known to me the path of life;
    in your presence there is fullness of joy;
    at your right hand are pleasures forevermore.

 

“Sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati dan tidak membiarkan orang KudusMu melihat kebinasaan” (ayat 10).

Ayat ini dikatakan oleh Daud dan dikutip oleh rasul Paulus dan rasul Petrus di Kisah Para Rasul. Ayat ini berbicara tentang Yesus yang tidak mengalami kebinasaan (pembusukan) tubuh jasmaniNya. Dengan kata lain, ini berbicara tentang kebangkitan Yesus dari kematian.

Mazmur 16:8-11 inti beritanya adalah: “Kebangkitan Yesus dari kematian membawa orang-orang percaya kepada jalan kehidupan.” (ayat 11). Apa yang dimaksud dengan jalan kehidupan di sini?

Jalan penuh sukacita
Daud menghubungkan kebangkitan Yesus dari kematian dengan kehidupan yang penuh sukacita bagi orang-orang yang percaya kepadaNya (ayat 9&11). Yang dimaksud
dengan penuh sukacita disini menunjuk kepada penyertaan Tuhan bagi setiap orang percaya saat masih hidup di dunia ini maupun kehidupan setelah kematian.
Kebangkitan Yesus menjadikan penyertaan Allah bagi orang-orang percaya menjadi pasti terjadi (jaminan).

Jalan pengampunan dosa
Karena Yesus bangkit dari kematian, maka ada pengampunan dosa di dalamnya (Kisah 13:35-39). Pengampunan dosa tidak mungkin diperoleh melalui melakukan perbuatan baik mentaati hukum Musa. Hukum Musa memberitahukan dosa-dosa kita dan perlunya akan pengampunan dosa yang hanya ada dalam Yesus. Jika kita mempelajari perintah-perintah Tuhan di dalam Alkitab, seharusnya membuat kita makin menyadari diri kita sebagai orang berdosa dan kesadaran akan pengampunan dosa yang hanya ada di dalam Yesus.

 

Jalan menjadi saksi
Kisah 2:27-32 mencatat kotbah rasul Petrus yang mengutip Mazmur 16:10. Dalam bagian ini rasul Petrus melihat bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus yang bangkit Tuhan kehendaki untuk menjadi berkat bagi orang lain / menjadi saksiNya. Sebelum Yesus bangkit, Petrus adalah seorang penakut yang menyangkali Yesus. Namun kebangkitan Yesus mengubah hidupnya menjadi seorang pemberani dan melayani dengan kasih.
Kebangkitan Yesus membawa saudara dan saya kepada

jalan kehidupan. Mari kita jalani jalan tersebut, yaitu jalan penuh sukacita, jalan pengampunan dosa, dan jalan menjadi saksi.

Ringkasan kotbah Paskah Pdt. Paulus Surya, 16 April 2017.