Juruselamat Telah Lahir!

posted in: Sermon | 0

Lukas 2:8-14 | Pdt. Erick Kartawijaya

The Shepherds and the Angels (Listen)

And in the same region there were shepherds out in the field, keeping watch over their flock by night. And an angel of the Lord appeared to them, and the glory of the Lord shone around them, and they were filled with great fear. 10 And the angel said to them, “Fear not, for behold, I bring you good news of great joy that will be for all the people. 11 For unto you is born this day in the city of David a Savior, who is Christ the Lord. 12 And this will be a sign for you: you will find a baby wrapped in swaddling cloths and lying in a manger.” 13 And suddenly there was with the angel a multitude of the heavenly host praising God and saying,

14   “Glory to God in the highest,
    and on earth peace among those with whom he is pleased!”

Meski tanggal lahir Yesus tidak diketahui dengan pasti, tetapi fakta kelahiranNya di dunia adalah fakta yang pasti! Itulah berita terbesar, yang membawa sukacita terbesar, yang disampaikan oleh Malaikat (2:11). Berita sukacita besar, karena Yesus datang untuk menyelamatkan manusia yang telah tak berdaya dalam belenggu dosa dan berada di bawah hukuman murka Allah.

Berita sukacita besar, karena Yesus adalah Kristus/Mesias (the Anointed One, Yang diurapi) yang telah diberitakan sejak lama, sekarang telah lahir. Di Alkitab, orang yang diurapi adalah nabi, imam dan raja. Yesus adalah Nabi, Dia datang untuk menyampaikan Firman, kehendak dan rencana keselamatan Allah bagi manusia. Yesus adalah Imam, Dia memperdamaikan manusia dengan Allah, dengan DiriNya sebagai korban untuk pengampunan dosa manusia. Yesus adalah Raja. Dia membebaskan umatNya dari belenggu dosa, sehingga mampu taat dan melakukan perintahNya.

Berita sukacita besar, karena Yesus adalah Tuhan yang lahir di kota Daud. Yesus adalah manusia (karena dilahirkan), maka Dia dapat menanggung hukuman manusia. Yesus adalah Allah (Tuhan), maka penebusanNya sempurna, cukup sekali dan cukup untuk banyak orang.
Tanda yang diberikan malaikat agar para gembala bisa menemui Yesus ialah:

 seorang bayi yang dibungkus dengan lampin, berarti Juru selamat telah lahir, tapi karya penyelamatan masih akan datang. Kini, karya penyelamatan itu telah lengkap melalui kematian dan kebangkitan Yesus, tetapi hari penyataan keselamatan masih akan datang (already but not yet).
 Terbaring di dalam palungan, berarti Allah memakai hal yang tidak dipandang elok oleh manusia dalam karyaNya. Yesus terbaring di palungan, menunjuk kepada penolakan, penghinaan, sengsara hingga kematianNya di kayu salib.

Berita itu disampaikan kepada para gembala, tetapi untuk seluruh bangsa, untuk manusia yang kepadanya Allah berkenan. Kelahiran Yesus, Juruselamat, Kristus, Tuhan adalah berita sukacita besar, yang membawa kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di bumi, di antara umatNya. Mari kita sambut dan teruskan berita sukacita besar ini!

 

Ringkasan kotbah Pdt. Erick Kartawijaya, 21 Desember 2014