Anugerah Yang Menyertai Kita

posted in: Sermon | 0

2 Petrus 1:3-4 | Pdt. Paulus Surya

Confirm Your Calling and Election (Listen)

His divine power has granted to us all things that pertain to life and godliness, through the knowledge of him who called us to his own glory and excellence, by which he has granted to us his precious and very great promises, so that through them you may become partakers of the divine nature, having escaped from the corruption that is in the world because of sinful desire.

 

Penerima surat 2 Petrus adalah sama dengan penerima surat 1 Petrus (2 Petrus 3:1). Mereka tersebar di berbagai daerah seperti Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Betinia (1 Petrus 1:1-2). Karena tersebar, maka mereka hidup di tengah-tengah orang yang tidak mengenal Tuhan. Petrus menulis suratnya yang kedua untuk mengajar orang-orang percaya agar mereka tidak hidup terpengaruh hal-hal duniawi di sekeliling mereka, sebaliknya mereka dapat hidup berbeda bahkan memberi pengaruh yang baik.

 

Bagaimana bisa? 2 Petrus 1:3-4 menyatakan bahwa setiap orang percaya pasti akan menerima dua anugerah Allah yang akan memampukannya hidup benar di tengah-tengah kehidupan duniawi:

 

SEGALA SESUATU YANG BERGUNA UNTUK HIDUP SALEH
Ayat 3 mengatakan bahwa “Karena kuasa ilahiNya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup saleh”. Hidup saleh (godliness) adalah hidup beribadah yang berkenan kepada Allah baik dalam konteks gereja maupun hidup sehari-hari. Yang menarik dari ayat 3 ini adalah bahwa hidup saleh hanya ada dalam diri Yesus Kristus. Jadi bagi kita yang percaya kepada Yesus Kristus, kita telah memiliki segala sesuatu yang berguna untuk hidup saleh. Tidak harus bersandar pada filsafat manusia, psikologi, atau hal-hal lainnya.

 

JANJI-JANJI YANG BERHARGA DAN SANGAT BESAR
Ayat 4 mencatat “Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan sangat besar”. Untuk apa? Yaitu supaya kita dapat mengambil bagian dalam kodrat ilahi dan luput dari hawa nafsu duniawi. Yang dimaksud dengan memiliki kodrat ilahi dan luput dari hawa nafsu duniawi adalah hidup yang makin serupa dengan Kristus. Apa yang dimaksud dengan janji-janji yang berharga dan sangat besar? Secara konteks keseluruhan Alkitab, menunjuk kepada seluruh janji-janji Allah di dalam Alkitab. Secara konteks surat 2 Petrus, janji-janji ini menunjuk kepada janji kedatangan Kristus kedua kalinya dan kehidupan di langit dan bumi yang baru (2 Petrus 3:4,9,13) .

 

Ringkasan Kotbah Pdt. Paulus Surya , Minggu 25 Mei 2014